Diberdayakan oleh Blogger.

Page List

Gallery

Follow us on FaceBook

Ads

LAPORAN OBSERVASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI SMPN 109 JAKARTA

Senin, 09 Mei 2016

           LAPORAN HASIL OBSERVASI TEKnOLOGI PENDIDIKAN
SMPN 109 JAKARTA
Dosen : Marliza Oktapiani, M.Pd


DI SUSUN OLEH :
Kelompok 2
Ø  Ayu Setia Dewi                      (3120130006)
Ø  Amalia Putri                          (3120130030)
Ø  Amelia Nur Fadhilah            (3120130019)
Ø  Imam Baihaqi HS                  (3120130007)
Ø  Irvan Andriyani                    (3120130044)
Ø  Muhammad Wildan              (3120130052)
Ø  M. Ishomudin Fikri               (3120130053)
Ø  Neneng Susilawati                 (3120130001)
Ø  Sheli Nandani                        (3120130005)
Ø  Siti Masitoh                            (3120130014) 
Ø  Syifa Nurul Mukminin         (3120130033)

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TARBIYAH)
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITA ISLAM AS-SYAFI’IYAH
                                                             JAKARTA          
2016
KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb,
Puji syukur kehadirat Allah Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas Observasi ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga laporan observasi ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca, khususnya bagi para mahasiswa/i yang sedang mempelajari materi kuliah Teknologi Pendidikan
Ucapan terimakasih kami haturkan kepada :
1.      SMPN 109 jakarta yang telah memberikan kami  izin untuk melakukan penelitian.
2.      Dosen, Marliza Oktapiani, M.Pd
3.       Kepada rekan rekan kelompok 2 yang sudah ikut serta melakukan observasi dan menyusun laporan.
Harapan kami semoga hasil laporan observasi ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi kami ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Laporan observasi  ini kami akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh kerena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan laporan observasi ini. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Jakarta,  Mei 2016


Penyusun



DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .....................................................................................       2
DAFTAR ISI ....................................................................................................        3
BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang ....................................................................................        4
  2. Rumusan Masalah ..............................................................................         4
BAB II KAJIAN TEORI
  1. Sejarah Singkat dan Profil Sekolah ..................................................         5-11
  2. Proses Pembelajaran ..........................................................................         12-14
BAB III ANALISIS HASIL VIDEO
  1. Analisis Video .....................................................................................          15-16
BAB IV PENUTUP
  1. Kesimpulan .........................................................................................          17
DAFTAR PUSTAKA ...................................................................................          18
LAMPIRAN ...................................................................................................          19-24

















BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Pembelajaran yang dilakukan di SMPN 109 jakarta semua sudah menggunakan teknologi  mulai dari anak kelas 1 sampai kelas 3 walaupun di SMPN 109 masih menggunakan kurikulum KTSP tapi tidak menjadikan guru lebih aktif mengajar. Tetapi guru juga memberikan kesempatan murid untuk lebih aktif dalam belajar.
 Teknologi menjadi hal yang wajib dilakukan di sekolah tersebut, di sekolah SMPN 109 teknologi sudah dilakukan ditahun-tahun sebelumnya namun tidak terlalu sering  dan belum secanggih di zaman sekarang ini. Hasil wawancara kami dengan guru serta murid mereka sangat menyukai sekali pembelajaran yang menggunakan media teknologi ini karena menjadikan murid lebih aktif dan lebih mudah memahami pelajaran. Bagi seorang guru pembelajaran dengan menggunakan teknologi menjadikan guru lebih mudah menerangkan dan lebih singkat waktu yang di gunakannya
Dibawah ini akan kita bahas tentang pembelajaran dan metode yang di gunakan oleh guru dalam mengajar dengan menggunakan teknologi dalam bidang pendidikan.
  1. Rumusan Masalah
1.      Bagaimana sejarah singkat SMPN 109 Jakarta dan profil sekolahnya ?
2.      Bagaimana proses pembelajaran yang berlangsung ?

                                                                     BAB II
KAJIAN TEORI
A.      Sejarah Singkat dan Profil Sekolah
SMP Negeri 109 Jakarta berdiri pada tanggal 16 Juli 1979. Gedung dibangun tahun 1978 pada awalnya bangunan sekolah berlantai satu kemudian direhab total  pada tahun 2001 menjadi berlantai tiga dengan luas bangunan 1.350 meter diatas tanah seluas 2.821 meter. Yang merupakan Sekolah Standar Nasional (SSN) yang berlokasi di Jalan Kesehatan no. 105, Komp. Perumahan Angkatan Darat Jatiwaringin, Jakarta Timur.
1.             IDENTITAS SEKOLAH
Nama Sekolah           : SMPN 109 JAKARTA
NPSN                          : 20103523 
NSS                            : 201016405110 
Status Akreditasi        : Akreditasi B 
Alamat                        : JL. Kesehatan No. 105 KPAD Jaya 
Kodepos                      : 13620 
Nomer Telpon             :  (021) 8615289, (021) 86606205 
Email                           : dbroerr@yahoo.co.id 
                                              Situs                            : www.smpn109-jakart.sch.id 

2.      DAFTAR NAMA KEPALA SEKOLAH YANG TELAH MENJABAT
Sejak berdirinya tahun 1979 sampai saat ini, SMPN 109 telah mengalami pergantian kepala sekolah, yaitu:
1.      Drs. D. J. Octavianus (1979-1989)
2.      Mangun Sudibja (1989-1993)
3.      Drs. D. J. Octavianus (1993-1997)
4.      Drs. H. Iit Rasita (1997-2003)
5.      Drs. H. Murhanuddin, MM. (2003-2008)
6.      Drs. H. Gatong Slamet, M.Pd (2008-2013)
7.      Drs. Bambang Supriyadi, M.Pd. (2013-2015)
8.      Drs. Abdullah Usman, M. Pd. (2015-sekarang)
3.      VISI DAN MISI
VISI
“Unggul dalam Prestasi, berwawasan IPTEK berlandaskan IMTAQ“
MISI
1.      Melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan Bimbingan secara Efektif dan Efisien. Sehingga setiap siswa dapat mengembangkan potensi dirinya secara optimal.
2.      Menumbuh kembangkan semangat keunggulan secara kompetitif pada warga sekolah.
3.      Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan terhadap agama yang dianutnya, Serta melestarikan budaya bangsa sehingga bertindak arif dan bijaksana, adil, jujur dan benar baik dilingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.
4.      SARANA DAN FASILITAS SEKOLAH
1.      Ruang Kepala Sekolah
2.      Ruang Guru
3.      Ruang Tata Usaha
4.      Perpustakaan
5.      Lab. IPA
6.      Raung Media Center
7.      Lab. Komputer
8.      Ruang UKS
9.      Ruang Pramuka atau Sanggar
10.  Masjid
11.  Ruang Musik
12.  Koperasi Sekolah
13.  Ruang BP
14.  Kantin Sekolah
15.  Lapangan Upacara
16.  Lapangan Olahraga
17.  Taman Sekolah
18.  Apotik Hidup
19.  Kamar Mandi Siswa dan Guru
5.      PRESTASI SEKOLAH
1)      Juara I Bola Basket  Jayawisata CUP Jabotabek
2)      Juara II Bola Basket Putri POR Pelajar Jakarta Timur
3)      Juara I Bola Basket Putra POR Provinsi DKI Jakarta
4)      Juara I PMR Tingkat Jabotabek
5)      Juara I Racing Gokart Tingkat Nasional  (Yulda Saputra)
6)      Juara IV Racing Gokart Tingkat ASEAN (Yulda Saputra)
7)      Juara I Senam Ritmik Tingkat ASEAN
8)      Juara I Renang Tingkat Nasional
9)      Juara I Paskibra Di Gedung Joang
10)  Pramuka Mengikuti Jambore Internasional dan Inti di USA
6.      MOTTO SMPN 109 JAKARTA
“Kami Bekerja Dan Belajar Dengan Tekad Untuk Meraih Prestasi”
7.      KURIKULUM
SMPN 109 Jakarta dalam proses pembelajaran masih menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
8.      DAFTAR PENGAJAR DAN STAF
Daftar Nama Pengajar
NO
            NAMA GURU
L/P
NIP/NRK/NPTT
PANGKAT/GOL
  1
Drs.Abdullah Usman, M.Pd.
L
196512311990031069/142594
Pembina/IV.a
  2
Rosalina Ginting, S,Pd
P
196410281986012003/136082
Pembina TK.I/IV/b
  3
Drs.Johanis Ginting, M.M
L
195808271981031006/140796
Pembina TK.I/IV/b
  4
Drs.Dafitson
L
196405041990021001/140790
Pembina/
  5
Tri Karolinawati, S.Pd
P
196011221983022003/154552
Pembina/IV.a
  6
Deswarni, S.Pd
P
196112101984032006/152478
Pembina/IV.a
  7
Yenita
P
196208071984122004/160130
Pembina/IV.a
 8
Nursodik, S.Pd
L
195805201979031007/140215
Pembina/IV.a
9
Dra. Rohainiyah Irianti, M.MPd
P
196505141989032004/160469
Pembina/IV.a
10
Masdar Selly, S.Pd
L
195709131981111001/140737
Pembina/IV.a
11
Hj. Fatimah Raden, S.Pd.I
P
195611121983112001/140776
Pembina/IV.a
12
Rodise , S.Pd
L
195912101982031017/140740
Pembina/IV.a
13
Katharina Ambarwati, S.Pd. M.Si
P
196504021990032005/140750
Pembina/IV.a
14
Hj. Umi Sholihah, S.Pd
P
196803011990032004/140751
Pembina/IV.a
15
Widasih, S.Pd
P
196901211996012001/140736
Pembina/IV.a
16
H.Efri
L
195702061980031003/140781
Pembina/IV.a
17
Ichwan Ibrahim, S.Pd., M.Si
L
196707271995121004/140752
Pembina/IV.a
18
Theresia Trisni Purwanti, S.Pd
P
196203241981122001/140745
Pembina/IV.a
19
H.Sunaryo , S.Pd.,M.Si
L
195710201920031002/140755
Pembina/IV.a
20
Drs. Caswita
L
196212101998031003/154390
Pembina/IV.a
21
H.Eka Sarta Prasetia, S.Pd
L
196309051992031006/140495
Pembina/IV.a
22
H.Usman, M.Pd
L
196603281995121002/146060
Pembina/IV.a
23
Suryaningsih, S.PD
P
197007181998032004/140763
Pembina/IV.a
24
Rima Melati Dewiyani, S.Pd
P
196802061998022001/140759
Pembina/IV.a
25
Hj. Binti Masruroh, S.Pd
P
196819051998032003/140762
Pembina/IV.a
26
Anang Prasetyo, S.Pd
L
196705061994121004/147470
Pembina/IV.a
27
Risma Dewita, S.Pak
P
196810112000032001/140759
Pembina/IV.a
28
Siti Mahani, S.Pd
P
195512311991032005/140764
Pembina/IV.a
29
Yakobus Kawe Kapo , S.E
L
195612231984031002/140747
Pembina/IV.a
30
Drs. Sujono
L
196505241999803103/159021
Penata TK.I/III.d
31
Anita Tiurma, S.Pd
P
198204302006042010/164830
Penata Muda TK.I/III.b
32
Masruroh, S.Pd
P
196808072008012016/173606
Penata Muda/III.a
33
Hariyadi, S.Pd
L
196903242008011015/173231
Penata Muda/III.a
34
Mujiyatna, S.Pd
L
196608172010081001/182348
Penata Muda/III.a
35
Darchonil, S.S
L
197104252010081001/182210
Penata Muda/III.a
36
Dra.Rohmiwati
P
196402152014012001/183195
Penata Muda/III.a
37
Drs.Nasyrah
P
196411122014012001/183185
Penata Muda/III.a
38
Nining Saraswati, S.Pd
P
196911112014012001/183207
Penata Muda/III.a
39
Siti Khodijah, S.Pd
P
197705102014012001/183153
Penata Muda/III.a
40
Eme Suharma, M.Pd
L
196612202008011008/173222
Penata Muda/III.a
41
Hj. Soenarmiatin, S.Pd., M.M.
P
NPTT.01.04080
              -
42
Atthabarrani Hatta, S.Pd
L
                         -
              -
43
Harniliza, S.Pd
P
                         -
              -
44
Taufik Hidayat, S.Pd
L
                         -
              -
45
Kamaludin, SE.
L
                          -
              -
46
Rahmawati, S.Pd
P
                          -
              -
47
Siti rofi’ah , S.Kom
P
                          -
              -
48
M.Saleh H.Yunus
L
                          -
              -
49
Jalaludin, S.Pd.I
L
                          -
              -

Daftar Nama Staf
NO
            NAMA GURU
L/P
NIP/NRK/NPTT
PANGKAT/GOL
  1
Drs.Abdullah Usman, M.Pd.
L
196512311990031069/142594
Pembina/IV.a
  2
Rosalina Ginting, S,Pd
P
196410281986012003/136082
Pembina TK.I/IV/b
  3
Drs.Johanis Ginting, M.M
L
195808271981031006/140796
Pembina TK.I/IV/b
  4
Drs.Dafitson
L
196405041990021001/140790
Pembina/
  5
Tri Karolinawati, S.Pd
P
196011221983022003/154552
Pembina/IV.a
  6
Deswarni, S.Pd
P
196112101984032006/152478
Pembina/IV.a
  7
Yenita
P
196208071984122004/160130
Pembina/IV.a
 8
Nursodik, S.Pd
L
195805201979031007/140215
Pembina/IV.a
9
Dra. Rohainiyah Irianti, M.MPd
P
196505141989032004/160469
Pembina/IV.a
10
Masdar Selly, S.Pd
L
195709131981111001/140737
Pembina/IV.a
11
Hj. Fatimah Raden, S.Pd.I
P
195611121983112001/140776
Pembina/IV.a
12
Rodise , S.Pd
L
195912101982031017/140740
Pembina/IV.a
13
Katharina Ambarwati, S.Pd. M.Si
P
196504021990032005/140750
Pembina/IV.a
14
Hj. Umi Sholihah, S.Pd
P
196803011990032004/140751
Pembina/IV.a
15
Widasih, S.Pd
P
196901211996012001/140736
Pembina/IV.a
16
H.Efri
L
195702061980031003/140781
Pembina/IV.a
17
Ichwan Ibrahim, S.Pd., M.Si
L
196707271995121004/140752
Pembina/IV.a
18
Theresia Trisni Purwanti, S.Pd
P
196203241981122001/140745
Pembina/IV.a
19
H.Sunaryo , S.Pd.,M.Si
L
195710201920031002/140755
Pembina/IV.a
20
Drs. Caswita
L
196212101998031003/154390
Pembina/IV.a
21
H.Eka Sarta Prasetia, S.Pd
L
196309051992031006/140495
Pembina/IV.a
22
H.Usman, M.Pd
L
196603281995121002/146060
Pembina/IV.a
23
Suryaningsih, S.PD
P
197007181998032004/140763
Pembina/IV.a
24
Rima Melati Dewiyani, S.Pd
P
196802061998022001/140759
Pembina/IV.a
25
Hj. Binti Masruroh, S.Pd
P
196819051998032003/140762
Pembina/IV.a
26
Anang Prasetyo, S.Pd
L
196705061994121004/147470
Pembina/IV.a
27
Risma Dewita, S.Pak
P
196810112000032001/140759
Pembina/IV.a
28
Siti Mahani, S.Pd
P
195512311991032005/140764
Pembina/IV.a
29
Yakobus Kawe Kapo , S.E
L
195612231984031002/140747
Pembina/IV.a
30
Drs. Sujono
L
196505241999803103/159021
Penata TK.I/III.d
31
Anita Tiurma, S.Pd
P
198204302006042010/164830
Penata Muda TK.I/III.b
32
Masruroh, S.Pd
P
196808072008012016/173606
Penata Muda/III.a
33
Hariyadi, S.Pd
L
196903242008011015/173231
Penata Muda/III.a
34
Mujiyatna, S.Pd
L
196608172010081001/182348
Penata Muda/III.a
35
Darchonil, S.S
L
197104252010081001/182210
Penata Muda/III.a
36
Dra.Rohmiwati
P
196402152014012001/183195
Penata Muda/III.a
37
Drs.Nasyrah
P
196411122014012001/183185
Penata Muda/III.a
38
Nining Saraswati, S.Pd
P
196911112014012001/183207
Penata Muda/III.a
39
Siti Khodijah, S.Pd
P
197705102014012001/183153
Penata Muda/III.a
40
Eme Suharma, M.Pd
L
196612202008011008/173222
Penata Muda/III.a
41
Hj. Soenarmiatin, S.Pd., M.M.
P
NPTT.01.04080
              -
42
Atthabarrani Hatta, S.Pd
L
                         -
              -
43
Harniliza, S.Pd
P
                         -
              -
44
Taufik Hidayat, S.Pd
L
                         -
              -
45
Kamaludin, SE.
L
                          -
              -
46
Rahmawati, S.Pd
P
                          -
              -
47
Siti rofi’ah , S.Kom
P
                          -
              -
48
M.Saleh H.Yunus
L
                          -
              -
49
Jalaludin, S.Pd.I
L
                          -
              -
9.      FASILITAS PENDUKUNG PEMBELAJARAN
Dalam proses pembelajaran sekolah menyediakan media yang dapat digunakan guru ketika proses pembelajaran berlangsung. Diantaranya ialah :
1)      Papan Tulis
2)      Infocuss
3)      Speaker aktif
4)      Laptop
10.    STRUKTUR ORGANISASI SEKOLAH
  1. EKSTRAKULIKULER
1)      Paskibra
2)      Paduan Suara
3)      Science Club
4)      Saman Dance
5)      Rohis
6)      Rohkris
7)      Futsal
8)      Basket Putra
9)      Basket Putri
10)  Bulu Tangkis
11)  Volley
12)  Modern Dance
13)  Taekwondo
14)  Mading
15)  Pramuka
16)  English Club
17)  Seni Musik
18)  PMR
19)  Perkusi
B.       Proses Pembelajaran
1.        Pembelajaran Pertama
Pada pembelajaran pertama siswa belajar Pendidikan KewargaNegaraan, Pendidikan kewarganegaraan adalah pendidikan yang mengingatkan kita akan pentingnya nilai-nilai hak dan kewajinan suatu warga negara agar setiap hal yang di kerjakan sesuai dengan tujuan dan cita-cita bangsa dan tidak melenceng dari apa yang di harapkan. Karena di nilai penting, pendidikan ini sudah di terapkan sejak usia dini di setiap jejang pendidikan mulai dari yang paling dini hingga pada perguruan tinggi agar menghasikan penerus –penerus bangsa yang berkompeten dan siap menjalankan hidup berbangsa dan bernegara.
Tujuan utama pendidikan kewarganegaraan adalah untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara, sikap serta perilaku yang cinta tanah air dan bersendikan kebudayaan bangsa, wawasan nusantara, serta ketahanan nasional dalam diri para calon-calon penerus bangsa yang sedang dan mengkaji dan akan menguasai imu pengetahuaan dan teknologi serta seni.
Nama Pengajar       : Astri, S.Pd
Kelas                       : VIII.3
Dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode diskusi, siswa yang persentasi. Dalam proses persentasi siswa menggunakan power point yang ditampilkan melalui infocuss. Dengan menggunakan metode ini siswa dituntut untuk lebih aktif dan kreatif.
Hasil wawancara kami dengan siswa.
Nama Siswa            : Nastiti, Karisa dan Giffari
Menurut mereka, pembelajaran dengan menggunakan teknologi dan media sangat menyenangkan dan pelajaran mudah dimengerti. Motivasi dalam belajar lebih tinggi apabila menggunakan teknologi. Dan disekolah memfasilitasi teknologi untuk pembelajaran.
Hasil wawancara kami dengan Guru yang bersangkutan.
Menurutnya, teknologi pendidikan pada zaman sekarang ini sangat berkembang pesat, sehingga memudahkan dalam menjelaskan kepada siswa. Namun perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan ini belum merata, contohnya saja sekolah yang berada di pedalaman, mereka belum semua merasakan akan adanya perkembangan teknologi. Proses pembelajaran dengan menggunakan satu metode atau hanya metode ceramah saja membuat kejenuhan pada siswa, sehingga motivasi belajar siswa kurang. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran hendaknya guru menggunakan berbagai metode dan memanfaatkan teknologi yang ada.
2.        Pembelajaran Kedua
Pada pembelajaran kedua siswa belajar mengenai Administrasi Pembukuan, Pengertian Administasi, Administrasi adalah catat mencatat tentang kegiatan yang sedang dilakukan atau yang sudah dilakukan maupun yang akan dilakukan. Pembukuan adalah cara/sistem membukukan transaksi untuk mengetahui jumlah penerimaan dan pengeluaran. Tata Buku adalah ilmu yang mempelajari tentang membukukan penerimaan dan pengeluaran. Jadi Administrasi pembukuan adalah kegiatan cara mencatat atau membukukan administrasi anggota, administrasi keuangan, administrasi inventaris.
Nama Pengajar       : Nining Saraswati, S.Pd
Kelas                       : VIII.4
Dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan latihan. Selama proses pembelajaran berlangsung guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjelaskan kembali materi yang telah disampaikan didepan kelas. Media yang digunakan ialah visual dalam bentuk power point yang ditampilkan melalui infocuss.
Hasil wawancara kami dengan siswa.
Nama siswa            : Bilqis dan Dimas
Menurut mereka, pembelajaran dengan menggunakan teknologi lebih menarik perhatian siswa dan tidak membosankan. Dan lebih mudah dipahami, teknologi yang ada disekolah sudah ada dari tahun-tahun sebelumnya namun pada saat ini teknologinya sudah lebih canggih.
Hasil wawancara kami dengan guru yang bersangkutan.
Menurutnya, perkembangan teknologi sangat pesat, apalagi dalam dunia pendidikan, teknologi ini sangat memudahkan dalam proses pembelajaran. Dengan teknologi sangat membantu dalam menyajikan materi yang akan diajarkan. Oleh karena itu, guru dituntut untuk lebih bisa mengoperasikan teknologi yang terus berkembang.









BAB III
ANALISIS HASIL VIDEO
Mempersembahkan Hasil Video


Analisis
Dalam video ini kami telah meliput hasil keseluruhan observasi yang berlokasi di SMPN 109 jakarta . Mari kita bahas tentang  penganalisaan video yang  meliputi :
A.    Lingkungan sekolah
Lingkungan sekolah adalah suatu keadaan diarea sekolah yang dapat mempengaruhi siswa dalam berinteraksi. Salah satu yang harus diperhatikan dalam lingkungan sekolah ialah pengamaan dan kenyamanan siswa.
Disekolah SMPN 109 JAKARTA ada beberapa pengamanan .
·         Terdapat satpam yang dapat memantau keadaan sekolah dan menjaga keamaan , memantau  tamu-tamu yang berkunjung ke sekolah dengan tujuan yang jelas.
·         CCTV yang berfungsi untuk memantau keadaan di seluruh area sekolah yang meliputi : ruang kelas, koridor kelas dan seluruh area sekolah . Akan tetapi dengan menggunakan CCTV ada hambatan atau kendala yaitu saat listrik mati maka CCTV tidak bisa merekam suatu keadan pada saat itu.
B.     Ekstrakurikuler
Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan oleh para siswa sekolah atau universitas, di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah.
Kegiatan dari ekstrakurikuler ini sendiri dapat berbentuk kegiatan pada seni, olah raga, pengembangan kepribadian, dan kegiatan lain yang bertujuan positif untuk kemajuan dari siswa-siswi itu sendiri. Ekstrakurikuler yang ada di SMPN 109 Jakarta telah diuraikan diatas.
C.    Proses Pembelajaran
Proses pembelajaran di SMPN 109 JAKARTA  siswa dituntut untuk lebih aktif dan harus pandai berbicara didepan umum. Dalam proses pembelajaran guru harus mahir menggunakan teknologi dan harus mampu mengoperasikan  program-progam seperti word, power point, excel dan program lainnya. Begitu juga dengan siswa harus mampu menggunakan teknologi .
Fasilitas pendukung dalam proses pembelajaran , diantaranya :
Ø  Infocus
Ø  Speaker Aktif
Ø  Lab Komputer
Ø  Wi-fi Area
Ø  Lab IPA
Ø  Lab Radio
Dengan perkembangan teknologi, SMPN 109 Jakarta dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) sudah menggunakan UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer. Sehingga penggunaan teknologi tidak hanya dalam proses pembelajarannya saja.
  1. Kenyamanan
Kenyamanan ialah suatu keadaan telah terpenuhinya kebutuhan dasar manusia yaitu kebutuhan akan ketentraman (suatu keputusan yg meningkatkan penampilan sehari hari) , kelegaan (kebutuhan telah terpenuhi).
Untuk memberikan kenyaman kepada masyarakat sekolah, SMPN 109 Jakarta telah menyediakan tempat-tempat yang mendukung untuk kenyamanan masyarakat sekolah dan didukung oleh para guru dan siswa dalam menjaga kebersihan sekolah sehingga sekolah tersebut tetap bersih dan nyaman.





BAB IV
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Berdasarkan observasi yang telah kami lakukan di sekolah SMPN 109 Jakarta, bahwa Teknologi yang digunakan untuk pembelajaran sudah cukup memadai. Dalam menyampaikan pelajaran guru sudah menggunakan media sebagai alat perantara untuk memberikan materi pelajaran. Melalui teknologi, materi pelajaran dan metodologi pengajaran ditetapkan dengan dukungan teknologi. Singkatnya secara esensial teknologi pengajaran dapat menggantikan peran pendidik dan peserta didik dapat berperan aktif sebagai pelatih yang mempelajari semua data dan keterampilan yang berguna.
Dengan dukungan teknologi dalam proses pembelajaran, sangat mempengaruhi motivasi belajar peserta didik. Peserta didik merasakan manfaat dari perkembangan teknologi pada dunia pendidikan. Begitu juga, dengan pendidik merasakan manfaat akan perkembangan teknologi pendidikan.
Walaupun teknologi memberikan manfaat dalam pembelajaran, akan tetapi terkadang ada berapa kekurangan dalam media teknologi seperti kendala pada listrik dan kurangnya rangasangan motoric unntuk siswa.


                                              DAFTAR PUSTAKA

                                                   Pihak SMPN 109 Jakarta
                                             Guru dan Siswa SMPN 109 Jakarta
                                        http://20103523.siap-sekolah.com/sekolah-profil/
                                        http://smpn109-jkt.blogspot.co.id/p/visi-dan-misi.html
                                        https://id.wikipedia.org/wiki/SMP_Negeri_109_Jakarta

























                 

   
    












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading