Diberdayakan oleh Blogger.

Page List

Gallery

Follow us on FaceBook

Ads

10 Jenis Ikan Cupang Cantik untuk Dipelihara di Rumah

Senin, 28 Desember 2020

 

 Banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk menjalankan hobi di masa pandemi ini. Memelihara ikan cupang menjadi salah satu pilihan, melihat keindahan bentuk sirip dan warna yang dapat dijadikan hiasan dalam ruangan.

Walaupun ikan cupang ini agresif dan hidup soliter, ikan air tawar ini terbilang sangat mudah dipelihara, dan memiliki banyak jenis berkat perkawinan silang. Mengutip Wolipop.detik.com, berikut beberapa pilihan ikan cupang yang populer saat ini:


1. Ikan Cupang Halfmoon


Menurut sejarahnya ikan ini ditemukan oleh peternak asal Amerika Serikat pada 1982. Halfmoon memiliki bukaan ekor lebar mendekati 180 derajat. Cupang yang mulai terkenal pada tahun 2000 ini dibanderol Rp 500.000 untuk kualitas kontes, sementara anakannya sekitar Rp 40.000.


2. Cupang Double Tail

Ikan ini memiliki ekor ganda yang membelah di bagian tengah sirip ekor (caudal). Hal ini disebabkan mutasi genetik, sehingga ikan ini memiliki sirip ekor atau dua cuping sirip ekor yang berbeda. Oleh karena itu, ikan cupang ini dinamakan cupang ekor cagak karena tampak bercabang dua.


3. Cupang Crown Tail

Atau yang juga disebut cupang serit. Ini adalah jenis cupang pertama yang dibudidayakan di Indonesia. Bentuk siripnya seperti jarum yang membentuk serit atau sisir rambut. Sampai saat ini Indonesia dikenal sebagai penghasil cupang jenis ini. Sejarahnya, cupang ini dikembangkan oleh Ahmad Yusuf, peternak asal Jakarta Timur pada 1997. Dia menyilangkan cupang lokal dengan indukan impor Thailand berwarna biru dan memiliki ekor delta dan bergerigi.


4. Cupang Plakat

Cupang Plakat merupakan cupang ekor pendek yang dalam bahasa Thailand artinya aduan. Plakat artinya cupang aduan atau cupang laga. Berbeda dengan cupang hias, Plakat biasanya lebih handal untuk melawan dan lebih jago bertarung sesama jenis. Cupang ini memiliki warna dan betuk sirip yang keras.

5. Cupang Fancy

Terkenal karena warnanya yang fancy dan beragam. Kebanyakan cupang ini memiliki kombinasi lima sampai tujuh warna pada tubuh mungilnya. Kebanyakan perpaduan warna yang dimiliki adalah biru metalik, hijau, putih, pink, merah, dan peach. Soal harga, anakan ikan cupang fancy dibanderol Rp 200.000-Rp 300.000 per ekor. Sedangkan untuk kelas kontes fancy dijual harga Rp 2 juta-Rp 20 juta.


6. Cupang Kachen Worachai

Ikan ini berasal dari Thailand dan dianggap sebagai khas Thailand, karena kebanyakan cupang iini memiliki perpaduan warna biru, putih, dan merah yang menyerupai bendera Negara Gajah Putih itu.


7. Cupang Big Ear


Big Ear tergolong dalam jenis ikan cupang yang mahal. Bentuk siripnya sampingnya besar seperti telinga gajah yang menjadi daya tarik ikan ini. Harga ikan cupang ini rata-rata berkisar Rp 400.000-an.

8. Cupang Sawah

Karena banyak yang memburu, populasi ikan cupang ini semakin sedikit. Hal ini tak ayal membuat cupang liar ini memiliki harga yang mahal. Cupang ini dilihat dari ukuranya, semakin besar, maka membuat harga dari ikan sawah ini semakin mahal.

9. Cupang Paradise

Cupang ini banyak ditemukan di Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Memiliki nama latin Macropodus Opercularis memiliki ciri khas ekornya yang bercabang.

10. Cupang Surga

Banyak ditemukan pada Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri cupang ini hidup pada perairan Sumatera, Jawa, Bali. Karena sudah banyak yang mencari, ikan ini tergolong mahal dan paling sulit ditemui.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading