Diberdayakan oleh Blogger.

Page List

Gallery

Follow us on FaceBook

Ads

LAILATUL QODAR MENURUT IMAM AL-GHOZALI JUGA ULAMA LAIN (kitab i'anatut tholibin)

Rabu, 19 April 2023

 


menurut beliau lailatul qodar itu bisa diketahui/ dideteksi (dititeni dengan tanda-tanda tertentu) misalnya bila awal bulan ramadhan dimulai pada hari minggu/ rabu maka lailatul qodar terjadi pada malam 29 ramadhan, ketika hari senin berarti malam tgl 21, selasa/ jumat maka terjadi malam 27, ketika kamis, berarti malam 25, dan apa bila ramadhan dimulai pada hari sabtu maka lailatul qadar terjadi pada malam tgl 23.

Kebetulan ramadhan kali (1444h/ 2023m) ini dimulai hari kamis.

Bahkan Syekh Abil Hasan Syadzili pun memvalidasinya dengan pernyataan beliau; “sejak aku menginjak usia dewasa, aku tidak pernah tertinggal malam Lailatul Qodar dengan kaidah ini, kaidah/ resep yang disampaikan oleh Imam Ghazali.

Begitu juga pendapatnya Imam Qulyubi dalam hàsiyah qúlyubi (kitab mahalli syarah minhajut thalibin).

lantas apa saja yang perlu dibaca/diamalkan pada malam lailatu qodar? sebagaimana dalam kitab kanzun naja wa surur ialah sebagai berikut;

Memperbanyak amal ibadah karena setiap ibadah bernilai seperti 1000 bulan bahkan lebih pahalanya, serta memperbanyak membaca do'a ini

اللهم إنك عفوٌ كريم تحب العفواٌ فأعفٌ عني

Atau bisa juga memperbanyak membaca ayat kursi, sebagaimana; “barang siapa membaca ayat kursi di lailatul qodar maka lebih Allah cintai dari pada ia menghatamkan al-Qur'an di malam lainnya.

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading