Diberdayakan oleh Blogger.

Page List

Gallery

Follow us on FaceBook

Ads

Air Kencing Unta Dapat Mengobati Edema[1], Liver, dan Ginjal

Rabu, 08 Juni 2016


Allah berfirman, “Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan?” (Al-Ghasyiyah).
            “Dan apakah mereka tidak melihat bahwa sesungguhnya Kami telah menciptakan binatang ternak untuk mereka yaitu sebagian dari apa yang telah Kami ciptakan dengan kekuasaan Kami sendri, lalu mereka menguasainya? Dan Kami tundukan binatang-binatang itu untuk mereka; maka sebahagiannya menjadi tunggangan mereka dan sebahabgianya mereka makan. Dan mereka memperoleh padanya mafaat-manfaat dan minuman. Maka mengapakah mereka tidak bersyukur?” (Yasin: 71-73).
            Ahmad ibn Hanbal berkata, “Satu kaum dari Urainah datang kepada Nabi, mereka mengeluhkan penyakit demam di Kota Madinah. Maka, Nabi memerintahkan mereka untuk mencari pengembala unta. Kemudian mereka disuruh beliau untuk meminum air kencing dan susu unta tersebut.” (HR. Ahmad).
            Diriwayatkan dari Anas ibn Malik, bahwa satu kaum dari Urainah datang menemui Rasulullah, mereka terserang penyakit di Kota Madinah sehingga mereka tidak suka tinggal disana. Maka Nabi menyuruh mereka untuk mencari unta dan meminum air kencing dan susunya. Maka mereka pun berangakat mencari unta. Setelah mereka sembuh dari penyakitnya, maka mereka malah membunuh para pengembala itu dan mencuri binatang ternaknya. Nabi mendengar berita tersebut di pagi hari. Beliau langsung mengirim orang untuk mengejar mereka. Pada siang hari, mereka pun ditangkap dan dibawa menghadap beliau. Nabi langsung memerintahkan untuk memotong tangan dan kaki mereka, dan mencolok mata mereka dengan paku. Kemudian mereka dijemur dibawah terik matahari. Mereka meminta air minum, tetapi tidak diberi. Abu Qallabah berkata, “mereka adalah kaum yang mencuri, membunuh dan kafir setelah beriman. Mereka memerangi Allah dan Rasul-Nya.” (HR. Bukhari)
            Dalam riwayat lain, mereka berkata kepada Rasulullah, “kami tidak suka tinggal di Madinah. Perut kami membesar dan seluruh anggota tubuh kami lemas dan gemetar.” Maka, Nabi menyuruh mereka untuk menemui para pengembala unta. Mereka juga disuruh untuk minum susu dan air kencing unta hingga perut dan keadaan mereka membaik.
            Perut membesar atau mengembung adalah gejala-gejala penyakit edema. Dari hadis ini jelaslah bahwa satu kaum dari Urainah menderita penyakit edema. Setelah mereka meminum air kencing unta dan susunya, mereka sembuh total, namun menjadi pembunuh dan penyamun yang sadis. Akhirnya, Rasulullah pun mengutus 20 orang pasukan untuk mengejar mereka. Fenomena ini tidak akan terjadi sekiranya air kencing unta hanya dapat menyembuhkan penyakit lain yang menimbulkannya.
            Dengan hadis ini, ada orang yang berdalih bahwa air kencing unta itu suci. Ini adalah pendapat Malik dan Ahmad serta sejumlah ulama salaf. Karena Nabi mengizinkan kaum Urainah meminum air kencing unta, maka berdasarkan hadis ini dibolehkan meminum air kencing unta dalam keadaan darurat. Sebagiamana halnya memakan bangkai bagi orang yang terpaksa.
Tinjauan Sejarah
  •   Dalam al-hawi al-kabir karya ar-Razi disebutkan bahwa pengobatan paling baik untuk penyakit      edema adalah air kencing unta.
  •   Beberapa dokter Yunani mengobati penyakit edema dengan air kencing unta ynag di campur dengan air susunya.
  •  Dalam Al-Hayawan karya al-Jahidh, disbutkan bahwa air kencing unta dapat menyembuhkan penyakit pembekakan liver dan meningkatkan kewaspadaan
  •  Menurut Ibnu Sina (Avicenna), pengobatan terbaik untuk penyakit edema dan pembengkakan limpa adalah air kencing unta arab.












Manfaat Air Kencing Unta
Riset dan penelitian ilmiah membuktikan bahwa air kencing unta mengandung banyak manfaat, di antaranya:
  •     Air kencing unta mengandung kadar potassium yang tinggi. Bahan ini dapat mengganti kehilangan potassium pada pasien edema. Air kencing unta juga mengganti kekurangan protein dan albumin yang tidak bisa di penuhi secara cukup oleh liver yang mengalami sirhosis.
  • Air kencing unta dapat membantu memperbaiki kondisi edema setelah di berikan 150 ml setiap hari selama dua minggu.
  •  Air kencing dapat membantu mengobati pembusukan gigi jika digunakan untuk berkumur
  • Air kencing unta tidak najis. Penggunaan air kencing unta untuk pengobatan di bolehkan, karena Rasulullah tidak pernah manganjurkan pengobatan dengan sesuatu yang najis.      



[1] Penimbunan cairan secara berlebihan di antara sel-sel tubuh atau di dalamberbagai rongga tubuh.

1 komentar

  1. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

    BalasHapus

 

Most Reading