Diberdayakan oleh Blogger.

Page List

Gallery

Follow us on FaceBook

Ads

EVALUASI HASIL IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA MATA PELAJARAN IPS KOMPETENSI DASAR SEJARAH (Studi Kasus: SMP Kartika Nasional Plus Surabaya Kelas VIII Semester 1)

Kamis, 13 Oktober 2016

Abstract
Kurikulum yang diaplikasikan di sekolah sebagai  acuan operasional pembelajaran merupakan salah satu kebijakan public yang jarang dievaluasi. Akibat hal tersebut, tidak banyak data impelementasi di lapangan yang dapat dijadikan bahan evaluasi untuk pengembangan kurikulum selanjutnya.  Tujuan penelitian adalah menganalisis hasil implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada pembelajaran sejarah kelas 8 di SMP Kartika Nasional Plus Surabaya.
Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian evaluatif yang ditujukan untuk mengumpulkan data atau informasi, untuk dibandingkan dengan kriteria, kemudian diambil kesimpulan. KTSP yang dikeluarkan oleh pemerintah dengan tujuan menyelesaikan masalah pada pelaksanaan kurikulum sebelumnya akan dievaluasi menggunakan model evaluasi CIPPO (Context, Inputs, Process, Product dan Outcome). Penelitian dilakukan di  SMP Kartika Nasional Plus Surabaya yang beralamat di Jalan Raya Tenggilis No.8 Surabaya. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Agustus sampai dengan November 2013. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah evaluasi kurikulum berbasis kompetensi pada mata pelajaran IPS kompetensi dasar sejarah dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotor siswa . Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi literature, wawancara dan observasi. Analisa yang digunakan adalah metode analisis evaluasi kebijakan publik yang dipadukan dengan model evaluasi CIPPO (Context, Inputs, Process, Product dan Outcome). Instrument penelitian terdiri dari lembar wawancara, angket dan soal untuk siswa.
Hasil penelitian adalah keterlaksanaan kurikulum di SMP Kartika Nasional Plus Surabaya telah berjalan dengan cukup karena prosentase hanya mencapai  60% dari total table keterlaksanaan kurikulum dari aspek CIPPO (Context, Inputs, Process, Product dan Outcome). Pelaksanaan implementasi kurikulum membutuhkan lebih banyak komitmen segala pihak untuk memaksimalkan aplikasi teori dan pelaksanaan di sekolah dengan benar sesuai dengan teori yang telah disusun oleh pemerintah pusat.
Kata Kunci:  Evaluasi Kurikulum, KTSP, Kompetensi Dasar Sejarah
Penulis: RATIH FITROH YULIANTARI, AGUS SUPRIJONO
Kode Jurnal: jpsejarah&umumdd140300

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading