Diberdayakan oleh Blogger.

Page List

Gallery

Follow us on FaceBook

Ads

EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 KELAS IV SDN BANARAN 1 KERTOSONO

Kamis, 13 Oktober 2016

ABSTRAK
Penelitian ini tentang Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Kelas IV SDN  Banaran  1  Kertosono.  Latar  belakang  penelitian  ini  adalah  berdasarkan observasi  yang  dilakukan,  SDN  Banaran  1  Kertosono  merupakan  salah  satu sekolah dasar yang melaksanakan Kurikulum 2013. Evaluasi kurikulum dalam meningkatkan hasil output sekolah menjadi tugas sekolah sehingga dapat tercipta suatu hasil  yang berkualitas dalam kegiatan pembelajaran guru,  peserta didik, DAN kepala sekolah dalam menerapkan Kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini  adalah  untuk  mengetahui  sejauh  mana  kesiapan  dalam  implementasi Kurikulum 2013 di SDN Banaran 1 Kertosono. Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  evaluasi.  Prosedur  penelitian menghasilkan  data  berupa  kata-kata  tertulis  atau  lisan  dari  orang-orang  dan perilaku  yang    diamati.  Metode  pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah wawancara,  dokumentasi  dan  observasi.  Teknik  analisis  data  yang  digunakan adalah  teknik  analisis  data  kualitatif  dengan  metode  analisis  interaksi  atau interactive  analysis  models dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data,  penyajian  data,  dan  penarikan  kesimpulan.  Peneliti  juga  menggunakan kriteria untuk memudahkan dalam menyampaikan kesimpulan hasil penelitian. Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  kesiapan  implementasi Kurikulum  2013  kelas  IV  SDN  Banaran  1  Kertosono  sebagai  berikut: kepemimpinan kepala sekolah dengan NK= 4,41 dapat dikategorikan Sangat Baik, krativitas guru dengan NK= 3,83 dapat dikategorikan Baik, aktivitas peserta didik dengan NK= 3,54 dapat dikategorikan Baik, lingkungan yang kondusif akademik dengan  NK=  4,66  dapat  dikategorikan  Sangat  Baik.  Sebagai  bahan  perbaikan dalam  implementasi  Kurikulum  2013  selanjutnya,  rekomendasi  yang  dapat diberikan adalah sekolah dan guru membuat perencanaan pembelajaran dengan matang menyesuaikan dengan kondisi peserta didik, sarana, prasarana sekolah dan mengembangkan Kurikulum 2013 sesuai dengan visi, misi, tujuan, kondisi dan ciri khas satuan pendidikan.  
Kata Kunci: Evaluasi, Implementasi, Kurikulum 2013
Penulis: Dita Agustiyana, Sutrisno Widodo
Kode Jurnal: jppendidikandd142587

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading