Diberdayakan oleh Blogger.

Page List

Gallery

Follow us on FaceBook

Ads

PERSEPSI GURU SMA NEGERI 1 SEKAMPUNG TERHADAP RENCANA PELAKSANAAN KURIKULUM 2013

Sabtu, 08 Oktober 2016

Abstrak 
Pengembangan Kurikulum 2013 membutuhkan kesiapan bukan saja dari sekolah, melainkan dukungan dari  berbagai pihak,  baik orangtua, birokrasi,  masyarakat, dan yang paling utama adalah guru sebagai ujung tombak  pendidikan.  Oleh karena  itu, pengembangan  kurikulum 2013  harus ditangani  secara profesional dengan tingkat  pemahaman yang baik dalam bidang  pendidikan.  Perubahan kurikulum 2013 ini pada nyatanya juga mengundang kontroversi beberapa sekolah terutama sekolah yang berada didaerah yang rata-rata minim fasilitas dan dengan SDM guru dan siswa yang dibawah rata-rata.
Tujuan penelitian ini adalah  adalah untuk  memaparkan pendapat guru SMAN 1 Sekampung tentang rencana pelaksanaan kurikulum 2013  berdasarkan persepsi guru itu sendiri. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMAN 1 Sekampung yang berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah  dengan angket    yang selanjutnya dilakukan pengolahan data dengan rumus prosentase.
Persepsi guru tentang  komponen tujuan  pada kurikulum 2013  berada dalam katagori mendukung (55,6  %).  persepsi guru tentang  komponen  isi  pada kurikulum 2013  berada dalam katagori mendukung (47,2%).  persepsi guru tentang  komponen  metode  pada kurikulum 2013  berada dalam katagori mendukung (58,3%).  persepsi guru tentang  komponen  evaluasi  pada kurikulum 2013  berada dalam katagori tidak mendukung (50%).  Persepsi guru  yang memiliki dominasi paling besar dalam rencana pelaksanaan kurikulum 2013 pada indikator  komponen  metode karena dianggap tidak terlalu berbeda dengan kurikulum sebelumnya sehingga guru tidak rept lagi untuk memahaminya.
Kata kunci: Persepsi guru, Kurikulum 2013
Penulis: Suhandi Wibowo, Holilulloh dan M. Mona Adha
Kode Jurnal: jppendidikandd130936

1 komentar

  1. saya ibu irma seorang TKI DI SINGAPURA
    pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos
    sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah
    gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak
    kebetulan saya buka-bukan internet mendapatkan
    nomor MBAH SERO katanya bisa bantu orang melunasi hutang
    melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah terpaksa saya
    hubungi dan minta angka bocoran SINGAPURA
    angka yang kemarin di berikan 4D yaitu 6377 TGL 01-09-2016
    ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat Rp.250.juta dalam bentuk uang indo bagi saudarah-saudarah di indo maupun di luar negeri
    apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas
    jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah
    ini nomor hp -> (-082-370-357-999-) MBAH SERO
    demikian kisah nyata dari saya tampah rekayasa
    atau silahkan buktikan sendiri..

    BalasHapus

 

Most Reading