Diberdayakan oleh Blogger.

Page List

Gallery

Follow us on FaceBook

Ads

PENGEMBANGAN KURIKULUM JURUSAN TADRIS IPA BIOLOGI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON DALAM MENGANTISIPASI PENERAPAN KURIKULUM 2013

Sabtu, 08 Oktober 2016

Abstract
Rencana penerapan Kurikulum 2013 merupakan momentum yang tepat bagi program studi Tadris IPA-Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk melakukan review dan evaluasi terhadap kelangsungan kurikulum jurusan yang sedang berlaku, dan sekaligus melakukan pengembangan, perbaikan dan modifikasi kurikulum,  agar dapat beradaptasi terhadap perubah praktek-praktek pendidikan Biologi di Sekolah Menengah. Tujuan penelitian ini adalah: 
1) mengetahui karakteristik kurikulum jurusan Tadris IPA-Biologi yang berlaku saat ini, 
2) mengetahui karakteristik kurikulum 2013 yang berkaitan dengan pengajaran Biologi di Sekolah Menengah, 
3) Merumuskan dan mengembangkan desain kurikulum program studi  Tadris IPA-Biologi sebagai hasil adaptasi terhadap kurikulum 2013. Desain penelitian menggunakan Design and Development Research kategori Product & Tools Research (Richey & Klein, 2007).  
Subyek penelitian adalah program studi  Tadris IPA-Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon. 
Instrumen yang digunakan adalah: 
1) Protokol Analisis Dokumen Kurikulum Program Studi, 
2) Protokol Analisis Dokumen Kurikulum 2013 bagi Biologi SMA, 
3) Bahan validasi untuk kerangka teori desain kurikulum program studi, 
4) Bahan validasi untuk instrumen desain kurikulum program studi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan statistika deskriptif.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum program studi Tadris IPA-Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon telah tersusun sebagai Kurikulum berbasis Kompetensi yang terintegrasi secara akademik dengan muatan ke-Islaman. Kelengkapan dokumen kurikulum program studi masih memerlukan penyempurnaan. 
Kurikulum 2013 untuk pembelajaran Biologi SMA/MA dikemas sebagai mata pelajaran peminatan Matematika dan Ilmu Alam yang mencakup kompetensi inti sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan. Masing-masing kompetensi inti tersebut telah dijabarkan menjadi berbagai kompetensi dasar yang mengarah pada pembelajaran yang aktif dan menekankan pendekatan scientific approach (mengamati, menanyakan, menalar, mencoba, mengkomunikasikan / membuat jejaring).
Keywords: curriculum development; curriculum 2013
Penulis: Kartimi, E. Chandra, I. Rosdiana
Kode Jurnal: jppendidikandd142918

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading