Diberdayakan oleh Blogger.

Page List

Gallery

Follow us on FaceBook

Ads

PERBEDAAN STRES BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013 DI SMA KABUPATEN KLATEN

Kamis, 13 Oktober 2016

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran stres belajar siswa dengan pembelajaran kurikulum 2006 dan 2013 di SMA Kabupaten Klaten dan untuk mengetahui perbedaan stres belajar siswa dengan pembelajaran kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 di SMA Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis komparasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Bayat berjumlah 144 siswa dan siswa kelas X dan XI SMA N 1 Cawas berjumlah 248 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan checklist stres belajar. Uji validitas menggunakan expert jugdement, sedangkan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan nilai koefisien sebesar 0,805. Analisis data menggunakan teknik uji-t dengan Mann Whitney U . Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum siswa dengan pembelajaran kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 mempunyai kecenderungan stres belajar rendah. Hasil analisis data dengan uji t angka signifikansi 0,528 atau p>0,05 menunjukkan tidak adanya perbedaan stres belajar siswa dengan pembelajaran kurikulum 2006 dan kurikulum 2013.
Kata Kunci: stres belajar, siswa dengan pembelajaran kurikulum 2006, siswa dengan pembelajaran kuirkulum 2013
Penulis: Fitria Kurniawati
Kode Jurnal: jpbkdd150256

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading