Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengkaji dan mendeskripsikan karakteristik kuriku- lum sekolah 2013 dan implikasinya terhadap sejumlah aspek substantif Ilmu Pengetahu- an Sosial (IPS) sebagai mata pelajaran, mencakup aspek rekonstruksi definisi dan tujuan, kompetensi dasar, organisasi konten/isi, bahan belajar, mata pelajaran, dan pembelajaran serta implikasi kurikulum 2013 terhadap perubahan peran-peran pedagogis guru. Peneli- tian ini menggunakan metode kajian pustaka dari sumber-sumber primer. Sumber data berupa dokumen. Teknik analisis menggunakan teknik analisis isi yang difokuskan pada upaya untuk menemukan, mengidentifikasi, dan menganalisis secara kritis unsur-unsur penting dalam dokumen. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam sejarah pe- ngembangan kurikulum sekolah Indonesia, setidaknya telah terjadi delapan kali perubah- an kurikulum. Di antara perubahan kurikulum tersebut, kurikulum 2013 merupakan ikhtiar dan produk akademik yang sangat ilmiah, setelah kurikulum 1975. Aspek spesifik terpenting dan mendasar kurikulum 2013, yaitu penggunaan filsafat rekonstruksionisme sosial dan teori Gestalt sebagai landasan pengembangannya
Penulis: Mohammad Imam Farisi
Kode Jurnal: jppendidikandd131112
Tidak ada komentar:
Posting Komentar