ABSTRACT:
Diantara langkah terobosan MTs Negeri Sumber Bungur Pamekasan adalah merealisasikan program di bidang pengembangan kurikulum bahasa Arab. Tujuan penelitian ini hendak mendeskripsikan bagaimana konsep dan model pengembangan kurikulum kelas mata pelajaran bahasa Arab di MTs Negeri Sumber Bungur Pamekasan serta apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kurikulum tersebut. Hasil penelitian adalah MTs Negeri Sumber Bungur mengembangkan kurikulum bahasa Arab berbasis kelas mata pelajaran yang kemudian disebut dengan istilah kurikulum kelas mata pelajaran bahasa Arab. Model pengembangan kurikulum yang digunakan adalah sentral de-sentral. Pengembangan kurikulum ini termanifestasikan pada penambahan jam pelajaran dan materi ajar, yaitu pada mata pelajaran PAI dan bahasa Arab Di antara faktor pendukung terlaksananya pengembangan kurikulum tersebut adalah:
1) Motivasi dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur,
2) Komitmen Kepala Madrasah,
3) Kompetensi profesional guru kelas mata pelajaran bahasa Arab,
4) Eksistensi pesantren Sumber Bungur sebagai lembaga yang menguatkan proses pembelajaran, dan
5) Input siswa yang memiliki pemahaman awal terhadap materi yang akan di sajikan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah:
1) Tidak tersedianya alokasi dana khusus,
2) Tidak meratanya kemampuan guru dalam melakukan penyusunan kurikulum,
3) Tidak meratanya kemampuan guru untuk mengajar di kelas mata pelajaran bahasa Arab, dan
4) Tidak sedikit siswa yang merasa jenuh ketika belajar di kelas mata pelajaran bahasa Arab.
Penulis: Ahmad Muhlis
Kode Jurnal: jpperadabanislamdd140186
Tidak ada komentar:
Posting Komentar