Diberdayakan oleh Blogger.

Page List

Gallery

Follow us on FaceBook

Ads

QUO VADIS PRAKSIS EVALUASI KURIKULUM: STUDI PENDAHULUAN TERHADAP RANAH KURIKULUM YANG TERLUPAKAN

Sabtu, 08 Oktober 2016

Abstract 
Setiap kurikulum merupakan produk zaman, sehingga keberadaannya senantiasa merepresentasikan semangat zaman ketika kurikulum tersebut dikembangkan. Untuk mengetahui relevansi teori dan praktik (praksis) kurikulum dengan tuntutan semangat zaman diperlukan adanya evaluasi kurikulum.
Melalui evaluasi kurikulum dapat diketahui apakah kurikulum mampu berkontribusi mempersiapkan peserta didik bertahan hidup dan pada saat bersamaan mampu membekali peserta didik untuk menjalani dan memuliakan kehidupan (nobelling life). 
Dalam realitas aktualnya, evaluasi kurikulum belum mendapat perhatian proporsional di kalangan akademisi maupun praktisi pendidikan di negara-negara berkembang, termasuk di Indonesia. Untuk itu, upaya memahami dan menyebar-luaskan kesadaran mengenai signifikansi evaluasi kurikulum dalam reformulasi kebijakan pendidikan merupakan prasyarat dalam pembenahan pendidikan pada masa-masa mendatang. Tulisan ini bertujuan untuk melakukan studi literatur mengenai dinamika dan kompleksitas teori dan praktik evaluasi kurikulum yang diharapkan dapat memberi secercah terang mengenai salah satu ranah kajian dalam displin ilmu kurikulum.
Kata Kunci: evaluasi, kurikulum, positivistik, naturalistik dan pragmatis
Penulis: Al Musanna
Kode Jurnal: jppendidikandd120322

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading