Diberdayakan oleh Blogger.

Page List

Gallery

Follow us on FaceBook

Ads

Perspektif Sosiologi tentang Kurikulum

Kamis, 13 Oktober 2016

Abstrak:  
Tujuan  kajian  ini  dimaksudkan  untuk  menjelaskan  pemikiran  empat  sosiolog  yaitu  Pierre Bourdieu, Michael W. Apple, Henry Giroux dan Carlos Alberto Torres tentang kurikulum dan menjelaskan definisi kurikulum dalam perspektif sosiologis. Metodologi yang digunakan  adalah melakukan kajian pustaka dari buku-buku yang ditulis oleh empat sosiolog tersebut. Hasil kajian menunjukkan bahwa: 1)  negara  menjalankan  praktek  kekuasaannya  melalui  penggunaan  seperangkat  mekanisme  wacana yaitu dengan pembentukan teks-teks pendidikan untuk menghasilkan berbagai kepatuhan berupa nilai, cara pandang dunia, dan sebagainya. Kurikulum sebagai bentuk kekuasaan digunakan negara dalam memproduksi  berbagai  cara  pandang  dunia  yang  harus  sejalan  dengan  cara  pandang  negara  dan  2) kurikulum merupakan sebuah ruang dimana para agen dengan kepentingan dan modalnya yang berbeda-beda saling bertarung untuk memperjuangkan posisi, pengaruh, prestis dan kedudukan. Perlu dilakukan diskusi dan kajian lebih mendalam tentang kurikulum dalam berbagai aspek. Selama ini kajian tentang kurikulum lebih banyak ditekankan pada kajian pedagogik yang lebih menempatkan kurikulum sebagai kajian mikro.
Kata kunci: kurikulum, sosiologi, kontestasi, dan kekuasaan
Penulis: Rakhmat Hidayat

Kode Jurnal: jppendidikandd110237

1 komentar

  1. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    BalasHapus

 

Most Reading