Abstrak :
SMA Negeri 1 Sedayu Bantul merupakan salah satu sekolah menengah atas negeri di wilayah Kabupaten Bantul yang pada tahun ajaran 2013/2014 sudah melaksanakan Kurikulum 2013. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian mengenai peranan kultur sekolah dalam mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul pada tahun ajaran 2013/2014 bertujuan untuk mengetahui kultur sekolah di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul, pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul pada tahun ajaran 2013/2014, dan peranan kultur sekolah dalam mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian mengenai peranan kultur sekolah dalam mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul pada tahun ajaran 2013/2014 menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Subyek penelitian pada penelitian ini meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah urusan kurikulum, guru, karyawan, dan siswa SMA Negeri 1 Sedayu Bantul yang secara keseluruhan dipilih dan ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti untuk mendapatkan data-data penelitian meliputi catatan lapangan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, peneliti menggunakan teknik triangulasi data untuk memvalidkan data-data penelitian yang diperoleh. Adapun model analisis data interaktif Miles dan Huberman digunakan oleh peneliti untuk menganalisis data-data penelitian.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa kultur sekolah yang sudah lama terbentuk di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul meliputikultur religius, kultur bersahabat atau komunikatif, dan kultur peduli lingkungan. Kemudian, berkaitan dengan pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul pada tahun ajaran 2013/2014, siswa-siswa di kelas reguler melaksanakan Kurikulum 2013 sesuai dengan Dokumen Kurikulum 2013, sedangkan siswa-siswa di kelas layanan cerdas istimewa (CI) mendapat eskalasi dari pihak sekolah, terutama dalam hal kedalaman materi pembelajaran dan ranah berpikir siswa. Selanjutnya, keberadaan kultur religius, kultur bersahabat atau komunikatif, dan kultur peduli lingkungan di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul, mampu mendukung pencapaian KI-1 berupa sikap spiritual dan KI-2 berupa sikap sosial sebagai bagian dari pelaksanaan Kurikulum 2013. Adapun peranan yang dimaksud yaitu mampu meningkatkan sikap religius dan sikap sosial para siswa.
Penulis: Riska Wahyu R dan Poerwanti Hadi Pratiwi, M.Si
Kode Jurnal: jpsosiologidd150303
saya ibu irma seorang TKI DI SINGAPURA
BalasHapuspengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos
sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah
gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak
kebetulan saya buka-bukan internet mendapatkan
nomor MBAH SERO katanya bisa bantu orang melunasi hutang
melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah terpaksa saya
hubungi dan minta angka bocoran SINGAPURA
angka yang kemarin di berikan 4D yaitu 6377 TGL 01-09-2016
ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat Rp.250.juta dalam bentuk uang indo bagi saudarah-saudarah di indo maupun di luar negeri
apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas
jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah
ini nomor hp -> (-082-370-357-999-) MBAH SERO
demikian kisah nyata dari saya tampah rekayasa
atau silahkan buktikan sendiri..