Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merancang kurikulum SMA melalui penerapan project based learning model pada mata kuliah Pengembangan Kurikulum Biologi.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas dengan tahap Perencanaan, Implementasi, dan Observasi serta Refleksi.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan topik: pengembangan tujuan kurikulum pada siklus 1, pengembangan struktur dan muatan kurikulum pada siklus
2, dan pengembangan implementasi kurikulum pada siklus
3. Setiap siklus dilakukan selama 4 kali pertemuan (2 minggu), dengan waktu setiap pertemuan 2 jam pertemuan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi proses pembelajaran dan lembar penilaian produk rancangan kurikulum.
Sintaks model pembelajaran project based learning terdiri dari:
1) menentukan permasalahan proyek,
2) menentukan langkah-langkah penyelesaian proyek,
3) menyusun jadwal penyelesaian proyek,
4) penyelesaian proyek dan monitoring,
5) penyusunan laporan dan presentasi, dan
6) evaluasi proses dan hasil proyek. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas mahasiswa dalam belajar merancang ketiga produk (paket produk).
Adapun paket produk yang dihasilkan meliputi: visi misi dan tujuan kurikulum,
(2) struktur dan muatan kurikulum, dan
(3) implementasi kurikulum. Paket produk rancangan kurikulum yang dihasilkan sebanyak delapan paket sesuai dengan jumlah kelompok. Kurikulum yang dihasilkan termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based learning berhasil meningkatkan kemampuan merancang kurikulum yang dimiliki mahasiswa.
Penulis: Yuni Wibowo, Suratsih, Asri Widowati
Kode Jurnal: jpmatematikadd150339
Tidak ada komentar:
Posting Komentar