Abstrak :
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis Kesiapan implementasi kurikulum 2013 di SMK Muhammadiyah 2 Metro. Fokus penelitian adalah kesiapan implementasi kurikulum 2013 dengan sub fokus penelitian Kesiapan implementasi kurikulum 2013 di SMK Muhammadiyah 2 Metro, Monitoring terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 oleh guru pendamping, Sikap guru dan siswa terhadap implementasi kurikulum 2013.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus tunggal. Teknik mengumpulkan data dilakukan dengan wawancara, studi dokumentasi dan observasi lapangan. Teknik analisis data menggunakan pola interaktif data Miles dan Hubberman. Hasil penelitian diperoleh adalah
(1) Kesiapan implementasi kurikulum 2013 diawali dengan merencanakan tujuan-tujuan dan sasaran-sasaran yang akan dicapai seperti mengadakan pelatihan atau workshop secara mandiri di sekolah; melengkapi sarana dan prasarana, buku pegangan guru dan siswa perlu ditinjau ulang, pengorganisasian yaitu menentukan SDM; membuat SK untuk tim pelaksana pembelajaran kurikulum 2013, melaporkan implementasi kurikulum 2013 kepada Direktorat Pembinaan SMK, melaksanakan dengan cara memperbaiki proses pembelajaran mengarah pada pendekatan scientific dan penilaian autentik, memperbaiki sarana dan prasarana
(2) Monitoring plaksanaan Kurikulum 2013 oleh Guru Pendamping ditemukan belum sesuai dengan sasaran atau dan tujuan dari berbagai aspek. Hasil Monitoring terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013 belum maksimal. Monitoring implementasi kurikulum 2013 dilaksanan oleh guru pendamping dan dilaksanakan secara terus menerus.
(3) Sikap guru dan siswa terhadap implementasi kurikulum 2013 di SMK Muhammadiyah 2 Metro belum muncul pada implementasi kurikulum 2013 terutama sikap rasa ingin tahu, sikap kerja keras, dan sikap kreatif dan inovatif.
Penulis: Julitri Maria, Nandang Kosasih Ananda, Sumadi
Kode Jurnal: jppendidikandd142100
Tidak ada komentar:
Posting Komentar