Diberdayakan oleh Blogger.

Page List

Gallery

Follow us on FaceBook

Ads

KENDALA-KENDALA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMKN 3 BUDURAN DAN SOLUSINYA

Kamis, 13 Oktober 2016

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah, guru otomotif SMKN 3 Buduran dalam menangani kendala implementasi kurikulum 2013.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data dikumpulkan dari 5 guru dan kepala sekolah dengan melalui wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan kendala yang dihadapi kepala sekolah, adalah: (1) pemahaman kepala sekolah belum utuh, buku panduan guru dan siswa yang di dapat masih 30%. (2) Kesulitan untuk mengontrol semua guru agar dapat melaksanakan kurikulum 2013, dan LCD yang sering rusak. (3) Kesulitan dalam melakukan penilaian sikap karena jumlah form penilaian dan murid yang banyak. Kendala yang dihadapi guru dalam persiapan yaitu RPP yang belum adanya amanat 5M, pemahaman yang belum utuh. Dalam pelaksanaan sulitnya membuat siswa untuk aktif bertanya dan menerapkan 5M, dan dalam evaluasi sulitnya untuk menilai seluruh siswa karena belum tahu pasti sesuai dengan penilaian sikap pada kurikulum 2013. Solusi untuk kepala sekolah yaitu mengadakan sosialisasi kurikulum 2013 dan mencari sumber lain seperti dari internet dan buku. Mencari materi yang menarik perhatian siswa dan tahap evaluasinya sudah menggunakan komputer dalam mengkoreksi lembar kerja siswa. Solusi untuk guru dalam persiapan dengan mengikuti sosialisasi, pelatihan, perlu  kesadaran diri dan motivasi diri agar terlaksananya implementasi kurikulum 2013 dan untuk RPP agar sesuai kurikulum 2013, guru bertanya pada guru lain atau cari di internet yang sesuai kurikulum 2013. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menyelingi cerita, humor, dan membuat kelompok agar murid bisa aktif bertanya. Tahap evaluasi dalam penilain guru menyuruh beberapa siswa untuk menilai satu kelas dan membandingkan nilai dengan guru lain, selain itu juga bisa bertanya pada orang tua atau teman dalam penilaian sikap.
Kata Kunci: Kurikulum 2013, kendala implementasi dan solusi
Penulis: Didiek Erica Perwira, Dewanto
Kode Jurnal: jptmesindd150175

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading