Diberdayakan oleh Blogger.

Page List

Gallery

Follow us on FaceBook

Ads

PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Gisting)

Kamis, 13 Oktober 2016

Abstrak:  
Tujuan  penelitian  ini  adalah  mendeskripsikan  peran  Kepala  Sekolah  dalam implementasi Kurikulum 2013 dengan sub fokus peran kepala sekolah sebagai pendidik, peran  kepala  sekolah  sebagai  penyelia  (supervisor),  peran  kepala  sekolah  sebagai manajer, peran kepala sekolah sebagai fasilitator, Kendala pelaksanaan kurikulum 2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gisting yang terletak di Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung.. dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode fenomenologi, data yang  diperoleh  dipaparkan dalam bentuk kata-kata  mengenai  situasi  yang  diteliti  secara  mendalam  di  SMP  Negeri  1  Gisting dianalisis  dan  disajikan  dalam  bentuk  uraian  naratif.  Penjelasan  terhadap  masalah penelitian diperoleh berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap fakta  dan  kejadian.  Hasil  penelitian  
(1).  peran  kepala  sekolah  sebagai  pendidik  dalam implementasi  kurikulum  2013  dengan  memberi  pengarahan  kepada  guru  agar  sesuai dengan  tuntutan  kurikulum  2013,  pengarahan  difokuskan  dalam  hal  menyusun perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan penilaian. 
(2). peran kepala  sekolah  sebagai  penyelia  (supervisor)  dalam  implementasi  kurikulum  2013 dengan  melakukan  pemantauan,  penilaian  dan  pembimbingan  melalui  kegiatan supervisi perencanaan, supervisi pelaksanaan dan supervisi penilaian. 
(3). peran kepala sekolah  sebagai  manajer  dalam  implementasi  kurikulum  2013  dengan  menyusun Rencana  Kerja  Sekolah  (RKS)  dan  dokumen  kurikulum  sekolah,  membagi tugas  guru dan  pegawai,  memimpin  dan  mengendalikan  pelaksanaan  pembelajaran,  memantau keterlaksanaan  program-program  yang  telah  dibuat.
(4).  peran  kepala  sekolah  sebagai fasilitator dalam implementasi kurikulum 2013 melalui penyediaan fasilitas kesempatan dan fasilitas fisik. 
(5) Kendala pelaksanaan kurikulum 2013 terdiri dari dua faktor,yaitu faktor guru dan ketersediaan material pendukung seperti buku siswa dan buku guru.
Kata Kunci: Peran kepala sekolah, Implementasi, Kurikulum 2013
Penulis: Hadi Kuncoro, Irawan Suntoro, Supomo Kandar
Kode Jurnal: jppendidikandd150217

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading